Makanan Khas Bekasi-Betawi

Posted by New Seven Wonders | Posted in

Sayur Gabus Pucung, Makanan Khas Bekasi-Betawi

Jaka sembung makan pete, ambil sapu di ujung gunung Jangan ngaku orang Jakarte, kalo kaga tahu “Gabus Pucung” (taken from Bondan Winarno, penulis kolom ‘Jalansutra’)
Ikan Gabus GorengSayur Gabus Pucung adalah sayur ikan gabus yang berwarna hitam pekat dari pucung (kluwak). Pucung atau kluwak biasa dikenal sebagai bumbu rawon. Jika rawon menggunakan daging, sayur gabus pucung menggunakan ikan gabus.
Bahan utama pucung gabus adalah ikan gabus. Ikan gabus disajikan dalam potongan-potongan ikan pada umumnya, seperti kepala, badan, atau ekor. Ikan gabus yang sudah digoreng, lalu dicemplungkan ke dalam kuah hitam akibat dari pucung (Pangium edule reinw) ibu-ibu ahli dapur mengenal bumbu tersebut dengan nama kluwek. Gabus PucungSebagai tambahan, bumbu dalam kuah tersebut adalah kemiri, bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe, kunyit dan daun salam. Semua bumbu diulek lalu ditumis kemudian dimasukan ke dalam air. Ikan dimasak hingga lunak. Sekilas tampilan kuahnya mirip dengan rawon. (Sumber : Bekasi Heritage)
Sayur ikan gabus pucung sebagai masakan khas Betawi relatif sulit ditemukan. Sebagian wilayah Bekasi yang banyak mendapat pengaruh dari masyarakat Betawi (misalnya sebagian Kota Bekasi hingga Tambun dan Cibitung) mengenal masakan ini sebagai masakan untuk para boss. Selain karena rumah makan yang menyediakannya jarang, ikan gabus juga sulit diternak. Sebagian besar ikan gabus yang didapat merupakan tangkapan dari alam.
Yang lucu, ikan gabus ini memiliki beberapa nama sesuai dengan ukurannya. Ikan gabus yang masih kecil bernama Ciritan. Yang remaja dan sudah agak dewasa bernama Boncelan. Yang besar dan sudah beranak pinak barulah diberi nama ikan Gabus. Ini mirip dengan penamaan buah nangka dimasyarakat Bekasi. Yang masih kecil diberi nama Gori. Yang agak besar diberi nama Cek-cek (atau cecek, bukan cicak lho…) dan yang besar baru diberi nama Nangka.
Bagi yang berminat dengan sayur ikan gabus pucung, terdapat beberapa lokasi yang bisa dicapai untuk mendapatkannya, antara lain :
  1. Warung Masakan Khas Betawi, Sayur Gabus di daerah Harapan Indah
  2. Warung Tenda Masakan Khas Betawi, di samping Mesjid Al Muwahiddin (Jalan Bunga Karang) Kota Bekasi. Hanya buka di sore-malam hari.
  3. Warung Gabus & Sop Daging Sapi, Pintu Masuk Kota Legenda (Samping Kali Malang) Tambun
  4. Warung Gabus Ibu Danah-Simun (ini ibunya Vavai lha ya :-D ), di Sumber Jaya Tambun
  5. Warung Gabus si Kembar - Ciketing Tambun

     Masim "Vavai" Sugianto — July 30, 2007 / 3:06 am

    Comments (0)

    Poskan Komentar